Bahagialah Wanita, Begitu mudahnya Masuk Surga!

Jalan mudah menuju surga bagi wanita

Wanita perindu surga itu bak bunga yang semerbak mewangi

“Jika seorang wanita menjalankan shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya, maka akan dikatakan kepadanya, masuklah kedalam Jannah dari pintu manapun yang kamu suka.” (HR. Ahmad)

Begitu mudahnya sebenarnya wanita itu masuk surga, hanya empat perkara, bila dilakukan dengan benar dan sesuai syari’ah, maka hadiah surga bukan lagi sebatas impian.

Tapi yang mudah itu hanya sedikit saja yang bisa melaksanakan dengan benar, tak ternoda dan dengan niat ikhlas. Surga dengan segala isinya ini memang hanya diperuntukan bagi mereka yang mengetahui jalannya lalu berani membayar”harga” untuk mendapatkannya.

[irp posts=”228″ name=”Berlapang Dada Tak Pernah Mendengki; Sarana Masuk Surga”]

Pada dasarnya jalan menuju surga tak jauh berbeda antara lelaki dan wanita, hanya saja ada yang bersifat khusus diprioritaskan wanita sebagai kartu ‘pas’ menujunya. Sekaligus sebagai penghibur, karena ada indikasi sangat banyak umat ini masuk neraka, dan itu didominasi oleh kaum wanita.

Jalan pertama bagi wanita masuk surga adalah menjaga shalat, yakni shalat pada waktunya, tidak bersengaja untuk melalaikan, atau mengakhirkan shalat dengan menyepelekannya. Karena Allah berfirman,”Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya (Al-Maun 4-5)

Ada sebuah kisah dari Imam adz-Dzahabi mengenai wanita yang meremehkan shalat, seorang dari kalangan salaf turut menguburkan saudara perempuannya yang meninggal. Tapi ia sadari sebuah kantong berisi harta yang ia bawa jatuh dan turut terkubur. Ia baru menyadari setelah sampai dirumah.

Maka dengan terpaksa ia kembali kekuburan saudarinya, dan membongkar kuburannya untuk menemukan hartanya yang jatuh tadi. Namun ia sangat terkejut saat ia coba membongkar makam, terlihat api yang menyala-nyala dari dalam makam.

Serta merta ia kembalikan lagi tanah galian, dan pulang sambil meneteskan air mata, ia bertanya kepada ibunya, ibunya lalu  bercerita semasa masih hidup saudarinya tadi suka melalaikan shalat.

Puasa dibulan Ramadhan juga merupakan sarana untuk masuk surga, karena amalan di bulan puasa sangatlah berlipat. Untuk itu diharapkan para wanita menjaga kesuciannya pada bulan ini, mengerjakan dengan benar, ikhlas, bersih dari bergunjing dan banyak bersedekah.

Selanjutnya, mentaati suami. Rasulullah pernah bertanya kepada seorang wanita,”Apakah kamu memiliki seorang suami, dan bagaimana perlakuanmu kepadanya.? Wanita itu menjawab,”Ya, benar saya mempunyai suami. Saya selalu mentaatinya, kecuali saya tidak mampu” Lalu Rasulullah saw bersabda,”Lihatlah perlakuanmu kepadanya, karena sesungguhnya suami itu adalah Jannah (surga) dan nerakamu”.(HR Al Hakim)

Berikutnya bila ingin masuk surga, hendaklah wanita menjaga kemaluannya. Memelihara dari hubungan zina, homosex, lesbian, berdua-duaan dengan lawan jenis tanpa mahram.

Dan hal ini bukan hal sulit buat wanita sholehah, namun dari kehidupan yang penuh dengan gemerlap duniawi ini sangat sangat riskan bagi wanita .

[irp posts=”269″ name=”Rahasia Berserah Diri Kepada Allah; Membuat Hati Tenang”]

Untuk itu tak ada yang kata sulit masuk jannah bagi para wanita, bila didasari dengan keimanan, niat yang ikhlas dan tulus untuk memperbaiki akhlaqnya, menghamba hanya kepadaNya, menuruti perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Sehingga Nabi saw memberi gambaran kepada calon penghuni surga,” Istri kamu yang termasuk penghuni jannah adalah istri yang memiliki sifat kasih sayang, mempunyai banyak anak dan mendatangkan faedah bagi suami. Istri yang jikalau suami marah padanya maka ia meletakkan tangannya diatas tangan suaminya dan berkata,’Demi Allah, aku tak akan memejamkan mata sedetikpun, sebelum engkau ridha kepadaku”.  (HR An-Ansa’I dishahihkan oleh al-Albani)

Referensi:
Candra Nila Murti Dewojati, 2011, Masuk Surga Walau Belum Pernah Shalat, GPU-Kalil, Jakarta

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *