Tak Mau Rugi? Inilah 8 Tips Persiapan Puasa Bagi Muslimah!

Persiapan puasa agar maksimal bagi muslimah

Muslimah, ayo siapkan dirimu demi puasa yang maksimal

 

Puasa tinggal menghitung hari. Akan sangat rugi jika para wanita tidak mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Harus ada tekad kuat jika puasa ini harus lebih baik tingkat amalannya dari tahun-tahun yang lalu.

Jika tidak, berarti akan menjadi manusia yang merugi, karena menyambut puasa dengan persiapan ala kadar dan tidak ada peningkatan signifikan dari yang sebelumnya.

Dan inilah 8 tips persiapan puasa bagi muslimah yang harus dilakukan agar menjadi pemenang sesungguhnya saat Syawal tiba.

1. Jangan Lupa melunasi hutang puasa!

Ini sangat penting ya bagi wanita yang subur atau masih mengalami haid. Biasanya mereka berhutang bervariasi antara 2-14 hari, atau ada yang hutang puasa karena sakit, sebab musafir atau perjalanan jauh, atau bahkan saat itu menyusui bahkan sedang nifas.

Sebaiknya hutang puasa segera ditunaikan agar dapat berpuasa dengan tenang, karena hutang itu tidak akan terhapus begitu saja, sampai kita bisa melunasi saat tidak punya udzur.

2. Persiapan Mental.

Anda muslimah yang suka galau? terbawa perasaan, atau mudah sekali marah dan tersinggung? Sebaiknya latihan mulai sekarang untuk menahan diri.

Sangat disayangkan ramadhan hanya terjadi sekali selama sebulan dalam satu tahun, akan sia-sia karena mental kita dalam berpuasa tak bagus.

Mulailah ‘mencuci otak’ diri sendiri jika bersabar itu lebih baik daripada melampiaskan kekesalan, kemarahan atau mudah sedih, karena semua itu adalah bisikan-bisikan syetan.

3. Persiapan Haid, hamil atau menyusui, melahirkan atau nifas

Perkara-perkara yang terjadi pada wanita tersebut, bisa pula datang pada saat Ramadhan. Kondisikan diri Anda saat semisal hamil muda, yang terus menerus muntah hingga tak bisa berpuasa, atau saat menyusui hingga air susu tidak bisa lancar karena puasa.

Jika Anda haid, maka cepat-cepatlah mandi besar saat benar-benar bersih, jangan ditunda lagi. Karena pahala ikut puasa, shalat, baca Al Qur’an ikut kajian di masjid di saat Ramadhan akan dilipat gandakan.

Jangan bersedih jika saat puasa mengalami hamil muda, menyusui atau nifas yang mengakibatkan tidak bisa menjalankan puasa dengan penuh. Karena wanita itu memang kodratinya demikian.

Tetap bersemangat membantu terlaksananya puasa dengan baik dalam keluarga, banyak sedekah, dzikir, membaca bacaan Islami dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan oleh wanita saat dalam kondisi seperti itu.

4. Buat Jadwal baru.

Jika Anda, wanita yang bekerja diluar rumah, kondisikan saat puasa agar bekerja dan puasa sama-sama menjadi berkah. Pun, ibu-ibu yang hanya bekerja didalam rumah, buatlah jadwal baru saat akan mengurus rumah, membuat hidangan sahur dan berbuka dan menciptakan kondisi Islami dalam rumah.

Apabila berwiraswasta, Anda bisa sesuaikan masa kerja yang optimal disela-sela ikut kajian, baca qur’an, persiapan berbuka puasa di rumah.

5. Persiapan keuangan keluarga.

Ini penting dilakukan sebelum puasa datang. Jika memungkinkan barang-barang kebutuhan puasa yang awet bisa dibeli sekalian seminggu sekali, agar menghemat waktu dan biaya perjalanan. Utamakan makanan yang bergizi, peralatan ibadah juga sedekah,

6. Menu puasa yang variasi

Anda bisa membeli buku-buku masakan, browsing di internet, minta menu-menu baru pada teman atau bahkan ikut kursus memasak.

Muslimah yang kreatif dalam menyediakan menu keluarga, menyebabkan para anggota keluarga bersemangat untuk menyambut berbuka dan makan sahur. Tidak perlu dengan biaya banyak, namun kreatif dalam siasati menu yang bervariasi.

7. Persiapan kesehatan.

Selain banyak olah raga, seperti jalan sehat atau lari pagi, kesehatan wanita juga perlu diperhatikan. Jika perlu persiapan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu mendesak langsung dapat digunakan, seperti saat sahur. Jangan lupa vitamin, madu, kurma, dan lainnya harus tersedia.

8. Tetapkan Target.

Ternyata wanita haruas menargetkan sesuatu saat ramadhan, Jika tahun kemarin belum khatam Al Qur’an, bulan puasa ini diupayakan untuk bisa sebulan khatam dan target untuk bisa membaca buku-buku agama lebih banyak lagi, target bersedekah lebih dari tahun kemarin, target untuk ikut kajian lebih sering dan lain sebagainya.

Semoga 8 Tips persiapan puasa bagi muslimah ada manfaatnya, dan selamat menunaikan ibadah puasa ya para muslimah, InsyaAllah tahun ini lebih baik dalam beramal dan meraup pahala dari tahun-tahun yang lalu.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *