Tips Menulis yang Praktis dan Mudah untuk Pemula

tips menulis bagi pemula

Beberapa teman bertanya, sebenarnya tips menulis untuk pemula itu seperti apa? Karena kebanyakan dari mereka berminat menulis. Baik artikel atau bahkan buku. Namun sayangnya bingung mulai dari mana.

Apakah minat saja cukup? Tentu tidak. Seseorang yang berprofesi sebagai penulis, pada awalnya semua berawal dari pemula. Bedanya ada pemula yang berlanjut menjadi ahli, dan banyak yang pemula yang awet, karena tidak maju-maju upaya menulisnya.

Untuk itu, kali ini saya mencoba memberikan tips menulis bagi pemula yang sebenarnya mudah diterapkan, yakni:

1. Mantapkan Niat.

Menjadi penulis itu memerlukan niat kuat. Bukan hanya sekedar sambil lalu atau hobi. Jika hanya sekedar hobi, menulis hanya  jika mau, jika sedang ada waktu luang, maka Anda tetap menjadi pemula yang awet dan tidak pernah naik kelas menjadi penulis profesional.

2. Mulailah Menulis  yang Anda suka.

Jika menulis yang bukan bidangnya, atau bahkan sama sekali tidak disukai, akan menjadi sangat berat. Dari topik paling ringan, seperti tips keseharian, parenting, kisah inspiratif, curhatan, bahkan puisi dan akhirnya Anda akan mencoba hal baru yang lebih menantang.

[irp posts=”282″ name=”Pelajaran Indah dari Burung: Para Pemalas dan Orang yang Hanya Sibuk Berdoa Tanpa Usaha, sangat Dibenci Allah!”]

3. Tetapkan target.

Semisal menulis sehari minimal satu lembar, dan itu harus kontinu. Tulisan jangan dibiarkan terlalu lama menganggur, karena Anda akan kesulitan membangun ‘ruh’tulisan kembali.

4. Tak perlu pikirkan EYD, alur, bahkan masuk akalnya tulisan.

Karena jika untuk pemula masih memikirkan seperti itu, tak pernah selesaikan tulisan itu karena hanya memikirkan hal-hal yang bersifat teknis.

5. Baca kembali tulisan Anda.

Poin kelima ini tentu akhirnya akan menggiring Anda untuk jadi editor tulisan sendiri, dan mulai membenahi hal-hal teknis tadi, seperti alur, EYD dan lain sebagainya.

6. Masuklah pada komunitas penulisan.

Karena terbukti, komunitas penulisan akan mendorong Anda untuk lebih aktif menulis, tersengat semangat kepenulisan sampai banyak info kepenulisan yang bisa Anda ikuti.

7. Membuat outline.

Jika berniat membuat buku, belajarlah membuat outline, atau daftar isi yang akhirnya akan membimbing ke arah mana tulisan Anda bergulir.

8. Sering hunting buku, baik ditoko buku, atau perpustakaan.

Kebiasaan membaca buku, pada akhirnya akan menghantar dan mempermudah Anda menjadi seorang penulis.

9. Belajarlah rewrite, jangan copy paste.

Seringkali saya menjumpai tulisan saya di copas di puluhan Blog orang lain. Meski bernilai ilmu, namun saya menyayangkan hal itu, karena lebih baik pemilik blog atau penulis itu menulis ulang dengan bahasa sendiri dan ditambah pengetahuan lain saat  mengisi blognya.

10. Tidak putus asa.

Jika tulisan ditolak di satu tempat, misalnya penerbit atau media massa, maka yakinlah tulisan Anda akan menemukan jodohnya ditempat lainnya. Hal ini juga akan semakin membantu melancarkan tulisan Anda.

[irp posts=”192″ name=”Pengin Kaya, Tempuh 11 Langkah Menjadi Kaya Ala Islam Ini!”]

11.  Mulailah menulis, jangan hanya berniat atau berminat!

Salah satu kendala seorang pemula dalam menulis, ia hanya banyak berangan-angan dan bermimpi, banyak tanya dan menceritakan minatnya tanpa bergerak mulai menulis.

Semoga beberapa tips tadi dapat membantu Anda lebih serius menekuni bidang kepenulisan. Karena pada dasarnya penulis itu berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, maka tetapkan hati sebagai sarana ibadah, agar semua lebih mudah.

Nantikan tips-tips saya selanjutnya. Selamat berkarya!

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *