Jangan Abaikan, Ada Tiga Macam Manusia yang Terancam Tak Masuk Surga!

jenis manusia yang tidak masuk jannah

waspadalah tiga perilaku ini (ilustrasi, gbr:awretchlike.me)

Dalam kehidupan, seseorang jika tidak melakukan hal yang baik tentu akan mendapatkan balasannya di dunia, juga di akherat.

Begitu pula untuk seseorang yang gemar melakukan sesuatu yang ia sendiri sadar atau tidak bahwa sebenarnya perlakuannya atau ucapannya merupakan sesuatu yang diharamkan oleh Islam untuk masuk surga!

Seseorang hamba yang tidak berhati-hati dalam bertindak, akan mendapatkan buah pahit di akherat kelak jika ia hanya mengikuti arus saja, bid’ah, mengikuti mode orang-orang masa kini ataupun sama sekali tidak menjaga lidah dan perilakunya di hadapan orang lain.

Rasulullah bersabda:

“Tiga macam orang yang tidak masuk Surga. Laki-laki yang membiarkan dan atau mencari untung dengan merendahkan istri mereka, laki-laki yang berlaku seperti perempuan, dan perempuan yang berlaku seperti laki-laki.”

Tiga macam orang yang tidak masuk surga ini adalah:

1. Lelaki yang membiarkan atau mencari untung dengan merendahkan istrinya.

Kewajiban seorang kepala rumahtangga adalah pemimpin yang akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya kelak.

Dari Ibnu Umar dari Nabi Muhammad bahwa baginda bersabda:

‘Tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang imam yang memimpin manusia adalah pemimpin dan ia bertanggung jawab atas rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dalam mengurusi ahli keluarganya. Ia bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin dalam rumah tangganya dan bertanggung jawab alas keluarganya. Seorang hamba adalah pemimpin dalam mengurus harta tuannya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Seorang laki-laki itu adalah pemimpin dalam mengurusi harta ayahnya, ia bertanggung jawab atas peliharaannya. Jadi setiap kamu sekalian adalah pemimpin dan setiap kamu harus bertanggung jawab alas yang dipimpinnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Jika seorang kepala rumahtangga malah bertindak sebaliknya, memberikan perlakuan buruk pada keluarga atau istrinya seperti merendahkan istrinya, baik secara fisik atau psikis, apalagi dengan itu suami itu ingin mencari untung dari perilakunya, maka surga haram untuknya!

Merendahkan seperti apa yang dilakukan suami yang diharamkan masuk surga? Mungkin menyuruh istrinya untuk melakukan perbuatan zina agar ia dapat uang dari hal tersebut, atau merendahkan martabat istri, agar istri mau memberikan sejumlah uang, agar ia berhenti menghina istrinya atau melakukan hal tersebut demi keuntungan pribadinya dan banyak hal lainnya.

2. Lelaki yang bertingkah seperti wanita.

Allah akan melaknat lelaki yang berlaku seperti ini, hal ini terlihat dari hadis Rasulullah, dari Ibnu ‘Abbas ia berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari no. 5885).

Pada era sekarang ini, dalam masalah pergaulan dan bertingkah laku banyak hal-hal yang menyimpang yang di larang oleh agama.

Seperti ada kaum lelaki dan itu jumlahnya tidak sedikit, bertingkah laku dan berdandan mirip perempuan, karena ia memang tidak nyaman menjadi lelaki, atau disebut bencong (waria).

Bahkan, karena dianggap hal itu bukan aib, ada kontes kecantikan khusus waria,a lomba-lomba khusus waria.

Televisipun memperparah indikasi lelaki berperilaku dan berdandan ala wanita ini. Entah hanya untuk lucu-lucuan atau sekedar tuntutan peran, tayangan yang memuakan ini sepantasnya sudah tidak ada lagi sekarang ini, bukan malah dikomersialisasikan.

Ancaman dosa itu bukan hal yang main-main, karena itu fikirkan baik-baik jika akan bertindak atau bertingkah laku.

3. Perempuan yang bertingkah laku seperti lelaki.

Dengan ayat yang sama seperti diatas, era sekarang ini banyak perempuan yang berpakaian selaiknya lelaki, seperti berjas, dipotong sangat pendek, memakai sepatu lelaki, bahkan banyak pekerjaan lelakipun dilakukan wanita yang sebenaranya bukan fitrahnya.

Seperti menjadi pesumo, pegulat, petinju, bahkan melakukan pekerjaan yang sangat berat, seperti sopir Truk yang bermuatan bahan kimia, buruh panggul beras dan lain sebagainya.

Ketiga hal ini memang selayaknya mendapakan perhatian dari seluruh umat Islam, karena mereka kebanyakan tidak menyadari bahwa yang dilakukan yang hanya mengikuti trend masa kini tersebut adalah hal dosa dan terlarang dalam Islam dan berbuah neraka, juga para suami untuk menjaga tingkah lakunya terhadap keluarga, karena pada dasarnya mereka adalah pemimpin keluarga yang akan dimintai pertanggunganjawab.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *