Wanita, Yakin Pasanganmu Setia? Yuk Cermati 10 Tanda Suami Setia Ini!

Dalam kehidupan pernikahan, hal yang paling dituntut dari pasangan hidup adalah bersikap setia. Kesetiaan itu pada dasarnya memang mahal harganya, bahkan tidak bisa terbeli. Karena pada dasarnya adalah watak dari manusia sendiri dalam memperlakukan pasangannya.

Wanita, sebagai istri kerap kali mempertanyakan, apakah sejauh ini pasangannya setia? Apakah dia bisa dijadikan panutan dan pengayoman bagi keluarga? Karena memang tidak dapat dipungkiri jika pasangan yang setia, akan menjadikan keluarga itu harmonis, aman-tentram dan jauh dari huru-hara.

Cermati 10 tanda suami yang setia

Ikatan setia dimulai sejak akad nikah (gbr. shahrkhabar.ir)

Dambakan pasangan setia? Simak beberapa tanda dibawah ini yang menunjukkan jika pasangan Anda memang setia.

1. Mampu menjadi imam dan pemimpin yang baik di rumah.

Lelaki harus mampu mengimami, baik dalam shalat, maupun memimpin keluarga yang bertanggung jawab dan sangat dihormati oleh istri dan anak-anak. Jika pasangan Anda mampu melakukan hal terpenting ini, maka dia adalah salah satu tanda suami yang setia.

2. Mampu mengendalikan diri dan emosi.

Kesabaran memang sangat dibutuhkan sebagai kepala keluarga dalam menghadapi berbagai situasi dalam keluarga. Tidak terbayang, jika suami memiliki temperamental tinggi, sering marah, melakukan KDRT dan menuduh istrinya melakukan hal-hal negatif.

3. Pembela keluarga saat ditimpa masalah.

Hal yang termudah bisa dilihat jika suami setia, salah satunya jika ada masalah pada anggota  keluarga dengan orang lain, dia tidak cuci tangan atau , ‘melarikan diri’. Sebagai kepala keluarga langsung menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan baik-baik.

4. Selalu  menghormati wanita

Penghormatan ini tidak dibuat-buat, alamiah jika pasangan terlihat selalu mendahulukan istri dan keluarga, disamping kepentingan pribadi. Ia bersifat lembut, tidak mengacuhkan dan bersifat perhatian terhadap istri dan anak-anak. Suami yang tidak egois semacam ini, merupakan salah satu ciri sebagai lelaki setia.

Baca: Hak-hak istri yang harus dipenuhi suami.

5. Tidak membanding-bandingkan pasangan dengan orang lain.

Terkadang, lelaki tidak sadar saat bersama istrinya ia memuji-muji wanita lain. Hal ini tentu membuat wanita bertanya-tanya, apakah sebenarnya suaminya tidak bersyukur atas dirinya? Walau ada yang lebih hebat atau cantik, sebaiknya bijak dalam menyatakan hal tersebut, jangan diulang-ulang.

6. Selalu ada saat dibutuhkan, atau saat darurat.

Banyak suami yang tidak terlalu peduli, apa yang terjadi pada istrinya atau keluarga. Bahkan saat istri sakit, melahirkan, membutuhkan dukungan saat ingin berkarya, saat situasi tidak menguntungkan, bahkan menghadapi musibah, bisa jadi tidak ada di dekat istrinya. Bukan karena tugas atau memang kondisi tidak bisa, namun tidak peduli.

Untuk itu wanita akan memberikan apresiasi luarbiasa pada suami yang ada saat dibutuhkan.

7. Percaya diri dan bertanggungjawab

Lelaki seperti ini mampu berada di garda terdepan dalam hal mencari rezeki, memenuhi kebutuhan, memberikan rasa aman dan nyaman dengan penuh percaya diri. Banyak suami kadang tidak terlalu mau bekerja keras dan berupaya maksimal mungkin memenuhi kebutuhan keluarga, padahal banyak celah untuk itu. Lelaki setia, selalu berupaya membahagiakan keluarga dengan bertanggungjawab atas kesejahteraan keluarga.

8. Tidak ingkar janji dan jujur

Suami yang berupaya menepati janjinya terhadap istri dan keluarga, merupakan ciri-ciri lelaki setia. Lelaki yang melakukan apa saja dengan penuh kejujuran, karena sadar dia menjadi panutan keluarganya.

9. Selalu memberikan kejutan kecil yang menyenangkan.

Kejutan yang menyenangkan tidak hanya memberikan barang mewah dan bernilai tinggi. Lelaki setia, akan hafal dengan kesenangan  istrinya atau hal-hal yang sangat disukai akan lebih sering memberikan kejutan kecil pada istrinya, seperti membelikan makanan kesukaan istrinya, membelikan tas atau baju yang diidam-idamkan istri sejak lama, mencoba memasak, walau kurang pandai hanya untuk membahagiakan istrinya, dan banyak lainnya.

10. Punya tujuan hidup dan cita-cita bersama yang jelas.

Pasangan hidup yang setia, akan selalu berfikir kedepan untuk kebaikan dan cita-cita keluarga yang berujung kebahagiaan istri dan keluarga. Dia tidak akan hanya berdiri disatu tempat dan puas akan perolehannya saat ini, harus ada inovasi dan kreatifitas tinggi agar istrinya dan keluarganya bahagia. Lelaki seperti akan menempatkan cita-citanya sebagai cita-cita bersama dengan istrinya, karena pada dasarnya ia tidak pernah meninggalkan istri dan keluarganya.

Mempunyai pasangan hidup yang setia memang sebuah anugerah. Maka, syukuri kondisi seperti ini, dan dukung suami Anda untuk tetap menjadi pribadi yang setia. Berikan kepercayaan dan timbal balik yang seimbang, dan tunjukkan jika Anda adalah wanita setia, yang sangat layak untuk dicintai.

loading...
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *