Wanita Jangan Berjamaah ke Masjid, Sebelum Penuhi 6 Hal ini!

hukum-dan-syarat-wanita-berjamaah-di-masjid

Sebenarnya, keutamaan wanita adalah shalat di rumah. Namun, apabila ingin meraup pahala dari Allah sebanyak-banyaknya, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum wanita shalat berjamaah di masjid.

Jika tidak memenuhi 6 hal ini, maka wanita yang shalat berjamaah ke masjid bukan mustahil tak lagi pahala yang didapat, namun dosa yang mengiringi langkahnya. Apakah itu?

1.    Izin Suami
Tentu bagi yang sudah bersuami, izin pada suami merupakan persyaratan mutlak, walau hanya kemasjid sekalipun. Izin, tidaklah perlu setiap hari diucapkan. Asalkan Suami ridho, bahkan menginginkan bersama-sama berangkat ke rumah Allah mengapa tidak.?

Bagi yang belum bersuami, bisa izin walinya atau orang yang serumah dengannya.

2.    Harus memakai pakaian atau hijab yang menutup sempurna seluruh tubuhnya.

Jangan sepelekan masalah pakaian ya para wanita, apalagi ingin beribadah menuju masjid. Disepanjang perjalanan menuju masjid juga ada tetangga atau orang lain yang bisa melihat atau mengamati wanita yang keluar rumah. Maka berpakaian yang syar’ilah wahai wanita!

3.    Tidak boleh berdandan

Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan tidak bersolek/berdandan yang berlebihan dan pakaian yang menarik perhatian, khususnya untuk lawan jenis. Karena memang niatnya hanya untuk beribadah, maka hindarilah hal-hal yang malah membuat celaka atau mengundang kejahatan bagi wanita.

4.    Tidak menggunakan wewangian
Wewangian, apalagi berbau menyengat akan menarik perhatian, khususnya kaum adam. Hal ini malah bisa merusak kekhusukan beribadah para lelaki dalam masjid. Maka janganlah memakai wewangian saat akan ke masjid.

5.    Wanita itu tidak boleh mengabaikan hak suami dan anak-anak, saat ditinggalkan ke masjid

Bukan hanya sekedar shalat berjamaah, ikut pengajian atau kajian agama di masjid atau suatu tempat, jika akhirnya mengabaikan hak-hak suami atau anak, seperti tidak menyiapkan makan, membersihkan rumah atau memastikan rumah dalam keadaan beres, juga penghuni yang ada didalamnya, hal ini malah dilarang, walau niatnya untuk beribadah sekalipun.

6.    Kepergiannya tidak menimbulkan fitnah

Poin ini sangat penting diperhatikan oleh wanita, jangan sampai niat baik akan menimbulkan fitnah untuknya. Pertimbangkan dan pikirkan masak-masak segala tingkah, perilaku para wanita dengan akibat yang akan ditimbulkannya. Jika kepergian ke masjid akan menimbulkan fitnah, huru-hara, kasak kusuk atau ghibah, maka sebaiknya hindari.

Demikian 6 poin yang bisa diperhatikan wanita agar kepergiannya beribadah ke masjid akan berpahala dan menjauhi dosa.

Referensi:
202 Tanya Jjawab Fikih Wanita, Candra Nila Murti Dewojati, 2014, Al Maghfirah Jakarta

loading...
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *