Istri Wajib Tahu Ini: 10 Sifat Istri yang Disukai Suami

Istri Wajib Tahu ini: 10 Sifat Istri yang Disukai Suami

Makin cinta, makin samara dengan sifat yang disukai suami

Menjadi harmonis dalam rumah tangga adalah sesuatu yang perlu diperjuangkan. Memang disadari, tidak selamanya pernikahan itu lancar-lancar saja, selalu ada hal-hal yang menghambat atau bahkan menjadi duri dalam pernikahan.

Salah satunya adalah beberapa sifat istri yang kurang disukai suami.

Suami, menyenangi istri jika ia dapat bersikap bijak, sholehah dan mempunyai sifat-sifat terpuji.

Beberapa sifat istri yang sebenarnya sangat diharapkan suami adalah:

1. Istri yang taat beribadah

Mempunyai pasangan hidup sholehah adalah dambaan suami. Mengapa demikian, karena akan berimbas pada anak-anak mereka yang akan meniru perilaku baik ibunya, memberikan panutan yang terpuji dan akhirnya suasana rumahtangga akan harmonis. Tentu istri yang taat beribadah akan selalu mendoakan suami dan keluarga. Hal demikian itu sangat didamba suami.

2. Istri yang patuh pada suami

Meskipun sifat istri tergolong mandiri, namun ia tetap harus patuh pada suami. Terkadang zaman sekarang karena pengaruh emansipasi, istri yang bekerja bahkan berkurang rasa hormat dan patuh pada suami karena merasa sudah mempunyai penghasilan sendiri.

Lelaki, saat dihormati dan tidak ditentang pendapatnya dan istri mematuhi nasehat dan advis dari suami membuat suami bahagia.

Lain halnya dengan istri yang suka membangkang perkataan suami dan larangan suami, maka harga diri suami akan terkoyak.
Tentu kepatuhan ini tetap pada batas-batas yang diperbolehkan norma dan agama, diluar itu istri wajib menolak.

3. Bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik.

Kunci utama sukses dalam rumah tangga bukan semata penghasilan suami besar dan uang yang didapat melimpah. Jika istri kurang bisa mengelola keuangan keluarga dengan cermat, penghasilan suami yang sebenarnya cukup, bahkan bisa untuk menabung, bisa-bisa raib entah kemana.

4. Tidak menggunjingkan suami

Saat bersosialisasi dengan orang lain, terkadang istri tidak terkontrol dalam masalah bahasa dan topik pembicaraan. Jika membicarakan hal baik-baik seputar dapur rumahtangga sendiri, termasuk hubungan dengan suami dan anak-anak, maka hal itu tidaklah mengapa jika bisa menjadi inspirasi orang lain.

Namun lain halnya jika mulai menggunjingkan hal negatif dari suami pada orang lain, selain tidak bermanfaat, berdosa, suami juga memiliki preseden buruk dimata orang lain. Padahal dalam agama mengajarkan, suami istri seharusnya saling menutupi kelemahan satu sama lain, buka sebaliknya, membuka aib suami.

5. Mempunyai rasa terimakasih.

Tidak dipungkiri jika ada beberapa istri yang gagu untuk mengucapkan terimakasih saat diberi kebaikan atau rezeki oleh suami. Untuk itu para istri, biasakan jika suami memberikan bantuan, kabar baik dan saat memberikan sesuatu ataupun gajinya maka ucapkan terimakasih dan kata-kata baik penuh hikmah. Karena pada hakekatnya penghargaan seseorang terletak seberapa imbal balik saat diberikan sesuatu.

6. Istri yang pandai bersyukur.

Allah akan menambah nikmat makhluknya jika ia pandai mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan padanya. Syukur juga mengandung arti jika ia ikhlas dengan apapun ketentuan atau keadaan yang ada disekelilingnya.

Bukan hanya saat diberi rejeki yang banyak, hingga saat terpurukpun, seperti suami mengalami kebangkrutan, istri yang tetap bersyukur dengan kondisi yang ada, karena masih dipersatukan dalam kebaikan dengan keluarga, dihindarkan dari fitnah yang lebih buruk lagi dan tidak putus asa adalah yang sangat diharapkan suami.

Istri tipe demikian akhirnya akan membantu suami mendulang kesuksesan dan setia dalam segala keadaan.

7. Istri yang bisa meneguhkan suami saat terpuruk

Memang ada istri yang tak peduli saat suami mengalami masalah berat? Ada dan jumlah itu ternyata signifikan. Bahkan yang sering terjadi bak cerita sinetron, istri malah menyalahkan dan murka melihat suami di-PHK, bangkrut, difitnah teman dan lain sebagainya.

Suami sangat menghargai jika istrinya bisa menjadi pendengar baik, sekaligus mencarikan solusi terbaik bahkan akan ikut membela suami dalam berbagai kondisi keadaan dan ikut menyelesaikan masalah.

8. Istri yang selalu berbinar-binar jika bertemu suami.

Malu untuk berbuat demikian? Kenapa? Hindari muka masam, walau hati sedang gundah sekalipun dan sambut suami dengan perasaan bahagia. Semua perasaan tak tentu, lelah bahkan stres suami dengan pekerjaannya jika disambut istrinya dengan wajah ceria akan membuat suami bahagia.

9. Istri yang bisa diajak kerjasama oleh suami.

Tentu kerjasama dalam hal kebaikan dalam bidang apa saja, seperti pengasuhan anak, membantu pekerjaan suami, menelurkan ide saat akan membuat suatu usaha, kerjasama dalam menciptakan kondisi rumah yang harmonis dan banyak hal lainnya.

Untuk itu kecerdasan istri untuk bisa menjalankan semua bidang dengan baik, memang diharapkan. Seperti ahli ibadah, ahli keuangan, psikiater, guru bagi anak-anak, pandai menjaga perasaan suami sampai bisa diajak kerjasama saat memulai usaha keluarga.

10. Istri yang kreatif

Kreatif disini adalah bisa menyiasati kehidupan, kreatif dalam menyelesaikan permasalahan, kreatif saat anak-anak membutuhkan pertolongan dalam mengerjakan pekerjaan rumah, maka harus mencari penyelesaian dengan berbagai cara jika mengalami kesulitan.

Bisa pula kreatif saat kondisi keuangan keluarga sedang kurang bagus. Banyak cara bisa dilakukan para istri di rumah, seperti menjahit, membuat pernik-pernik kerajinan rumah, berjualan secara online, atau dalam bidang kuliner. Kreatiflah wahai para istri, karena itu dambaan suami!

Untuk itu para istri, menjadi keluarga sakinah dan pasangan yang harmonis memang butuh usaha keras untuk mewujudkannya. harus dipupuk dan diperjuangkan dalam jangka waktu lama dan terus menerus tanpa henti. Jadikanlah dirimu panutan bagi anak-anak dan dambaan suami, InsyaAllah!

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *