Jangan Bersedih, Inilah 5 Pahala Ibu Rumah Tangga yang Melimpah!

pahala-ibu-rumah-tangga
Menjadi ibu rumah tangga yang hanya bekerja di dalam rumah, bukan merupakan profesi yang kurang terhormat. Persepsi masyarakat yang menilai jika seorang wanita yang sudah menikah namun hanya bekerja mengurus rumah tangga di rumah saja lebih rendah tingkatannya dengan wanita yang bekerja di luar rumah tentulah salah.

Seorang wanita yang memutuskan untuk bekerja hanya di rumah, dan konsisten sebagai penjaga rumah untuk suami, anak-anak dan keluarganya memperoleh tempat tersendiri dalam Al Qur’an, dan hal ini merupakan penghormatan bagi wanita yang mentasbihkan dirinya hanya sebagai ibu rumah tangga yang bekerja di dalam rumah saja.

Walaupun wanita boleh bekerja di luar rumah dengan syarat tertentu dan sesuai dengan syar’i, ternyata keinginan sebagian wanita untuk tetap tinggal di dalam rumahnya, bukan keputusan salah, karena hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

“Tetaplah kalian tinggal di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah bertabarruj (berpenampilan) sebagaimana penampilannya orang-orang jahiliyah yang pertama.” (Al Ahzab: 33).

Wanita memang mempunyai tugas utama dalam mengasuh, mengatur rumah tangga serta mendidik anak-anaknya. Di samping itu, ia juga mempunyai pekerjaan mulia untuk mengawal jiwa dan akhlak keluarga untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada dasarnya ibu sebagai madrasah awal dan utama pada anak-anak yang akhirnya menghantar mereka menjadi pribadi mulia dan pemimpin yang sholeh.

Akhirnya ada 5 hal yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga agar memiliki pahala melimpah untuknya:

1. Jalani pekerjaan menjadi Ibu Rumah tangga dengan rela hati dan ikhlas

Dalam kehidupan semua profesi akan dimintai pertanggungjawaban, karena pada dasarnya wanita adalah pemimpin di rumah yang dijaganya, seperti yang terdapat dalam hadis Rasulullah berikut ini:

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban dari apa yang dipimpinnya. Seorang Imam (pimpinan) adalah pemimpin dan ia akan dimintai pertanggung jawaban dari apa yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin di keluarganya dan ia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin di rumah suaminya, dan ia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Seorang khadim (pembantu) adalah pemimpin pada harta tuannya (majikannya), dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.” (Bukhari dan Muslim).

2. Istri yang taat pada suami, diganjar surga untuknya.

Mendapat surga bagi wanita ternyata mudah, hanya satu hal yang harus dilakukan, yakni taat pada suami. Rasulullah bertanya:
“Apakah kamu punya suami? Wanita itu menjawab,”Ya”. Rasulullah berkata,”Perhatikan di mana posisimu terhadap suami. Sebab pada suami itu ada surgamu dan nerakamu.” (HR. Ahmad).

3. Ibadah sehari-hari seperti Shalat, puasa, dan menjaga kemaluannya, mendapat pahala dan surga

Poin ketiga ini bisa dilakukan oleh wanita di mana saja jika tahu. Menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang menyenangkan, karena berbuah dengan surga!

Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah bersabda, “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

4. Perbanyak berzikir, Istighfar dan mengucapkan kalimat thayibah, maka para wanita akan menuai hasilnya!

Istri sebaiknya selalu menghiasi lisannya dengan tutur kata baik dan lembut. Jauhi ghibah dan percakapan yang tidak perlu. Ingin lisannya bernilai pahala? maka lakukan zikir, istighfar dan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah!

5. Banyak belajar dan membaca buku-buku agama dan pengetahuan serta tausiyah lewat media manapun.

Menambah ilmu pengetahuan, baik umum, tumbuh kembang anak sampai dengan ilmu-ilmu agama adalah baik untuk wanita. Sekarang ini media untuk belajar wanita lebih mudah dan murah, seperti internet, televisi, radio dan lainnya. maka pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya, jangan sia-siakan dengan hal yang buruk.

Itulah beberapa hal yang bisa menyenangkan para wanita karena perbuatan mereka di dalam rumah akan meraup pahala yang begitu besar. Maka janganlah bersedih ibu rumah tangga!

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *