Mentimun, Makanan Kegemaran Rasulullah yang Punya 101 Manfaat!

Mentimun, Makanan Kegemaran Rasulullah yang punya 101 manfaat!

Mentimun dari suku Cucurbitaceae, yang dalam bahasa Arab dikenal sebagai Qissa.

Dalam Al Qur’an dalam surat al Baqarah (2) ayat 61, juga disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Ja’far, ia berkata:
“Aku pernah menyaksikan Rasulullah memakan mentimun bersama dengan buah kurma.” ( HR al-Bukhari dan Muslim dari ‘Abdullah bin Ja’far)

Buah yang menyegarkan ini merupakan tanaman merayap atau setengah merambat, daunnya lebar dan buahnya bentuknya silinder, dengan panjang mencapai hingga 60 cm, diameter hingga 10 cm.

Buah ini mengandung banyak air, masih mudapun buah ini kerap dibuat kudapan atau lalapan. Banyak orang yang beranggapan mentimun ini adalah sayur, apakah benar demikian?

Dilihat dari semua bagian tumbuhan dari bunga hingga biji, namun seperti tomat, buah ini bisa disajikan bersama dengan sayuran.

Asal buah ini dari India, yang sudah dibudidayakan sekitar 3000 tahun yang lalu di Asia Barat. Masuk Eropa, dikenalkan oleh pasukan Romawi dan dibudidayakan di Perancis sejak abad ke 9, Inggris abad ke 14, Amerika Utara abad ke 16, dan belakangan malah wilayah China.

Variasi tanaman ini amat beragam dari yang berbentuk silinder hingga yang bulat dari warna hijau, putih hingga berwarna kuning-pun ada.

Di Inggris tanaman ini dapat mencapai ukuran samai panjang 0,6 meter. Tidak berbiji, berkembang biak dengan cara parthenogenesis, tidak memerlukan serangga untuk penyerbuk dan bisa ditanaman pada rumah kaca.

Sedang mentimun pada Asia Timur lebih langsing, warna kehijauan dan ukurannya lebih mungil.

Mentimun ini adalah tanaman semusim setelah berbunga dan berbuah maka tanaman ini akan mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bukan bunga betina namun bunga hemaprodit atau banci.

Bunga pertama usia tanaman mencapai 4-5 minggu adalah bunga jantan, selanjutnya bunganya adalah banci.

Banyak penelitian yang membuktikan jika buah mentimun ternyata banyak mengandung vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, asam folik, vitamin C, dan beberapa mineral asemisal kalsium, besi, magnesium, fosfor, potassium dan zinc.

Bukan hanya itu mentimun ternyata bisa digunakan sebagai tanaman obat at-Tibb an-Nabawi (pengobatan Rasulullah) karya Adz-Dzahabi dan Ibnu Qayyim al-Jauziyah. Di sana disebutkan jika mentimun dapat mengobati sakit sariawan jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Bukan hanya itu, mentimun juga bisa digunakan untuk perawatan wajah dari buahnya, memperlancar air seni dan tentu, menurunkan tekanan darah. Dan apabila mata Anda merasa lelah? Maka irisan mentimun ini dengan menempelkan setiap 3 menit sekali selama 20 menit pada kelopak mata aka akan mengobati mata lelah tersebut.

Apabila Anda berjerawat, maka mentimun diiris dan ditempelkan pada jerawat, itulah pengobatan yang mudah, serta ketika Anda deman maka parutan timun yang ditempelkan pada perut akan membantu mengatasi penyakit ini.

Ingin tahu manfaat lain dari buah timun untuk kesehatan? Ternyata buah satu ini bisa mengobati tubuh yang lelah karena mengandung vitamin B dan karbohidrat yang dapat mempercepat pemulihan tubuh.

Buah mentimun juga bisa digunakan untuk mengusir serangga dan keong yang mengganggu tanaman hias dengan meletakkan potongan buah ini pada tempat yang terbuat dari kaleng.

Untuk kecantikan, mentimun ini juga membantu menyamarkan kerutan dan lipatan kulit dengan menggosokkan pada areal yang bermasalah selama beberapa menit.

Sampai bisa menghilangkan noda pada permukaan alat dapur berbahas stainless steel, bahkan bisa mengkilapkan sepatu  dalam keadaan darurat! Memang mentimun luarbiasa!

Referensi :
M Fajar Shodiq M.Ag, Kapita Selekta Pertanian Dalam Prespektif Islam, IAIN Surakarta Press, 2016

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *