Haramkah Memejamkan Mata Saat Shalat ?

Haramkah Memejamkan Mata Saat Shalat ?

Saat sedang shalat, ternyata perilaku orang-orang tidaklah sama. Ada yang diam dan khusuk, ada yang banyak gerak, ada pula yang memejamkan mata saat shalat.

Walau terlihat sepele, karena merasa hal demikian adalah urusan masing-masing, namun hal ini jika terjadi pada diri Anda. Apakah Anda tahu dengan persis bagaimana hukumnya?

Karena salah-salah apa yang kita anggap benar jadi hukumnya makruh, bahkan dianggap menyerupai perbuatan kaum Yahudi atau Majusi, hingga dikatakan haram.

Lalu sebenarnya bolehkah mata terpejam saat mengerjakan shalat?

1. Memajamkan mata saat shalat termasuk yang dimakruhkan dalam shalat, karena perbuatan tersebut menyerupai perbuatan kaum Majusi, saat menyembah api, dimana mereka biasa memejamkan mata.

Juga menyerupai perbuatan kaum Yahudi saat melakukan ibadah mereka, sedang Islam telah mengganti ketentuan  agama-agama terdahulu. Maka yang paling afdol dengan mengarahkan pandangan ke tempat sujud, tanpa terpejam.  (Syaikh Ibnu Jibrin)

2. Ada pula yang mengatakan hal demikian adalah perbuatan orang-orang Yahudi, sedang menyerupai orang kafir adalah haram hukumnya, demikian dikatakan Ibnu Taimiyyah. Dan Shalat dengan mata terpejam minimal hukumnya makruh.

3. Jika memejamkan mata dikarenakan ada sesuatu yang menggangu kosentrasi dalam sholat adalah boleh, namun jika hanya ingin menambah kekhusukan maka hal ini tetap tidaklah boleh (Syaikh Ibnu Utsaimin).

Dari hal ini kita bisa mengambil kesimpulan, lakukanlah hal yang paling afdol saat shalat, yakni arahkan mata pada tempat sujud.

Namun apabila ada hal-hal yang menganggu kosentrasi maka Anda boleh melakukannya, namun sebatas dan sewajarnya saja, tidak sepanjang shalat melakukan hal itu. Moga artikel ini menginspirasi Anda.

Referensi:
Khalid al Husainan, Fikih Wanita, Darul Haq, Jakarta, tahun 2011

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *