Zaitun, Pohon yang Diberkahi; Kaya Manfaat dan Khasiat yang Luar biasa!

Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun

Pohon yang diberkahi, demikian julukan yang tepat pada pohon zaitun. Dalam surat an-Nur (24) ayat 35:

“Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang didalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya diatas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberikan petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Ayat satu ini sangat luar biasa. Para ahli agama, ulama, maupun para pakar di bidang ilmu alam atau astrologi memiliki pendapat sendiri saat mengupas ayat ini, hingga memiliki tingkat arti yang beragam.

Para ulama ada yang menerjamahkan ayat ini dengan gambaran mengenai cahaya hidayah Allah. Namun ada pula yang mengkaitkan ayat ini dengan  struktur atom radioaktif. Mengapa demikian?

Ayat ini mengumpamakan cahaya Allah sebagai sebuah cekungan (al-misykat) dengan pelita besar (al-misbah) di dalamnya. Pelita besar ini digambarkan ada didalam kaca (az-zujajah) dan kaca ini berkilauan seolah bintang yang bercahaya.

Kilauan seperti bintang dari kaca itu ternyata dinyalakan oleh minyak dari pohon yang terberkahi, yakni pohon zaitun. Di dalam kaca itu sepertinya ada susunan cahaya seperti sebuah struktur  inti atom radioaktif (radioactive nuclei), dimana kaca itu merupakan inti atom sedang pelitanya didalamnya adalah energi radioaktif yang disimpannya.

Cahaya yang berkilauan yang menyala  karena minyak zaitun itu nampaknya menggambarkan kulit-kulit elektron atau orbital elektronis yang berada disekitar inti atom. Jadi, cahaya Allah yang meliputi langit dan bumi adalah atom-atom yang menyebar keseluruh antariksa; walau hal ini tetap haru dikaji lebih seksama lagi.

Pohon zaitun ini berasal dari suku Oleaceae, merupakan tumbuhan perdu yang jenis-jenisnya tersebar di kawasan sekitar Laut Tengah. Pohon yang berumur panjang sampai ratusan tahun. Perawakannya kecil dengan tinggi sampai 8 meter, varietas yang berupa semak hingga varietas yang menjalar.

[irp posts=”236″ name=”Khasiat Luar Biasa Bawang Merah: Menyuburkan Kandungan dan Obat Lemah Syahwat?”]

Jenisnya ada sekitar 500-600, yang dapat ditemukan keseluruh penjuru dunia kecuali daerah dingin. Pohon ini akan tumbuh dengan baik dikawasan Mediterania dan Asia Barat.

Pohon ini dipercaya berasal dari Phoenicia, bagian utara jazirah Arab  sekitar 2000 tahun sebelum Masehi. Khasiat minyak zaitun yang sangat banyak dan multifungsi menyebabkan pohon ini kemudian banyak ditanam diwilayah Eropa dan Afrika. Minyak zaitun sendiri dikenal untuk kosmetik, pengobatan bahkan sering untuk campuran makanan atau untuk menumis karena memiliki kandungan  nutruisi yang tinggi.

Dan ada satu hal lagi rahasia tersembunyi bagi ranting yang ada daun zaitun, yakni merupakana symbol perdamaian. Bagaimana tidak, alkisah sebuah cerita saat Allah menurunkan laknat-Nya hingga menyebabkan banjir bandang, Bahtera Nabi Nuh terombang-ambing dilautan luas.

Lalu, ada seekor merpati yangn mendekati bahtera nabi Nuh dengan membawa ranting zaitun untuk menunjukkan jika daratan sudah dekat. Maka seringkali kita melihat simbolisasi merpati yang membawa ranting yang ada daun zaitun ini sebagai symbol perdamaian.

Hampir tak ada ahli kesehatan yang menyangkal buah dan minyak zaitun yang sangat berguna bagi kesehatan. Sebagai bahan campuran makanan, buah zaitun mengandung beberapa unsure yang diperlukan manusia seperti protein yang cukup tinggi, zat garam, besi fosfor serta vitamin A dan B.

Bukan hanya itu fungsi zaitun dipercaya dapat menghaluskan kulit, karenanya banyak dimanfaatkan dalam industri sabun.

Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Untuk itu kita simak beberapa manfaat zaitun untuk kesehatan yakni:

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan asam lemak dalam zaitun tidak mengandung kolesterol. Justru penelitian menunjukkan jika minyak ini mengendalikan kandungan kolesterol. Minyak ini juga mnegandung asam linoleic (omega -6) yang diperlukan dalam tubuh manusia.

WHO bahkan menganjurkan masyarakat mengkonsumsi 30% omega-6 untuk mencegah pengerasan urat darah dan diabetes. Minyak ini jika dikonsumsi dua sendok teh perhari dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), dapat mencegah penyakit jantung, karena mengandung omega-3 dan menguatkan system imunitas pertahanan tubuh.

2. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengejutkan yang cukup melegakan, jika mengkonsumsi lemak tak jenuh secara teratur yang cukup akan mencegah atau memiliki resiko lebih rendah pada penyakit kanker payudara pada wanita.

Juga ditemukan pula kandunagn bsitosterol dalam minyak zaitun dan minyak sayur dapat mencegah pembentukan kanker prostrate pada pria.  Penelitian lain menunjukkan jika minyak zaitun ini dapat mencegah kanker usus sejak dini dapat meningkatkan produksi enzim diamine oxidase yang mencegah pertumbuhan sel abnormal dan sel kanker.

3. Mencegah arthritis

Anda menderita penyakit rematik arthritis yang menyerang persendian? Jika sedari awal sering mengkonsumsi minyak zaitun ini dan sayuran rebus dalam jumlah yang cukup  maka daya tahan terhadap penyakit ini akan meningkat.

4. Membantu pertumbuhan tulang

Bagi anak-anak dan dewasa, apalagi orangtua mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur akan sangat baik karena mudah dicerna. Kandungan vitamin E,A,D dan K akan sangat membantu pertumbuhan tulang. Jangan khawatir dengan penyakit keropos tulang dan kekurangan mineral jika teratur mengkonsumsi minyak ini, karena akan menecegah hilangnya kalsium dari tulang dan merangsang mineralisasi pada tulang.

5. Memperlambat proses penuaan.

Vitamin-vitamin yang ada dalam minyak zaitun akan merangsang proses perbaikan sel dan pembentukan sel baru. Maka jangan heran minyak ini juga dipakai untuk usaha penyembuhan lansia yang tengah sakit. Dalam pemrosesan makanan dalam tubuh akan menghasilkan unsure yang bernama oksidan yang ternyata mempunyai peran yang sangat besar dalam pengrusakan sel. Maka minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan  yang dapat mencegah pengrusakan sel dan penuaan organ.

6. Membantu pertumbuhan anak

Bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan kandungan asam linoleic (omega-6), yang mana bisa didaptkan dalam minyak zaitun. Karena jika kekurangan itu bisa jadi mengganggu masa pertumbuhan dan memicu timbulnya penyakit kulit.

[irp posts=”239″ name=”Bijak Melatih Anak Puasa Dengan Waspadai Tiga Hal yang Akibatnya Bisa Fatal Ini”]

Kandungan antioksidan pada minyak ini akan membantu proses pembentukan sel dan sebagai sarana mencegah kerusakan sel pada bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan.  Unsur ini akan membantu dalam pembentukan-pembentukan sel membran. Sebuah penelitian menunjukkan jika minyak zaitun ini juga mengandung komponen lemak tak jenuh (polyunsaturated) yang seimbang, yang disinyalir sama yang terkandung dalam susu ibu.

Dan komponen ini sangat penting untuk metabolism tubuh. Bukan hanya itu, minyak zaitun ini juga direkomendasikan diberikan pada bayi saat belum dan setelah lahir untuk mengoptimalkan fungsi otak dan system syaraf.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Saat penelitian menunjukkan fungsi minyak ini untuk membantu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah, sehingga banyak dipakai oleh produsen-produsen obat penurun tekanan darah untuk mencampurkan bahan yang berasal dari daun pohon zaitun kedalam komposisi produknya.

8. Memperbaiki organ dalam

Salah satu khasiat istimewa dari minyak zaitun ini adalah dapat melindungi lambung dari penyakit tungkak lambung, dengan menetralkan asam lambung yang berlebihan. Bukan hanya itu minyak ini begitu luarbiasa karena ternyata mampu mencegah batu ginjal dengan cara memperlancar air seni!

Kandungan klorida yang cukup pada minyak ini dapat membantu fungsi hati sehingga usaha tubuh untuk menetralkan bahan-bahan beracun dari tubuh menjadi lancar. Ditambah minyak ini ternyata bisa pula membantu memelihara urat darah arteri di bagian otak.
Referensi :
M Fajar Shodiq M.Ag, Kapita Selekta Pertanian Dalam Prespektif Islam, IAIN Surakarta Press, 2016

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *