Khasiat Kurma; Pohon Surga Pencegah Pendarahan Hebat pada Ibu yang akan Melahirkan

kurma si pohon surgaKhasiat kurma yang memudahkan ibu melahirkan anaknya

Pohon kurma (Phoenix dactylyfera) atau dalam bahasa Arab an-Nakhl termasuk dalam suku Arecaceae yang sebenarnya mempunyai beratus jenis.

Meski sangat familier hidup di Timur Tengah, namun kerabatnya beberapa ditemukan di Indonesia, yakni di antaranya kelapa (Cocos nucifera), aren  (Arenga piñata), lontar atau siwalan (Borassusflabellifer), sagu (metroxylon sago), salak (Salacca zalacca) juga rotan (Calamus rottan).

Kandungan kurma sudah tidak diragukan lagi oleh masyarakat dunia, tak hanya oleh penduduk Jazirah Arab. Buah berasa manis ini mengandung gula, lemak, protein, serat dan beberapa  vitamin penting.

Di samping itu beberapa mineral juga terlihat dalam kurma seperti minyak, kalsium, sulfur, besi, kalium, fosfor dan mangan dan hal ini menjadi nutrisi penting bagi masyarakat diwilayah gurun pasir ini.

Seberapa penting buah ini bagi masyarakat Arab kala itu, dan penghargaan tinggi dari Allah untuk mengabadikannya dalam Al Qur’an?

Ternyata sampai disebut dalam kitab suci ini sebanyak 20 kali. Enam ayat berbicara mengenai perempumaan menggunakan kata an-nakhl, baik yang berupa peringatan atas perilaku buruk manusia, atau peringatan keraguan atas keberadaan sang Khalik sampai dengan peringatan atas segala upaya manusia saat akan mempersekutukan Allah.

Salah satunya terdapat dalam surat al-Isra’  (17) ayat 89-91 berikut ini:

“Dan sungguh, Kami telah menjelaskan berulang-ulang kepada manusia dalam Al Qur’an ini dengan bermacam-macam perumpamaan, tetapi kebanyakan manusia tidak menyukainya bahkan mengingkari(nya). Dan mereka berkata, “Kami tidak akan percaya kepadamu (Muhammad) sebelum engkau memancarkan mata air dari bumi untuk kami, atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan di celah-celahnya sungai yang deras alirannya”.

Dan bahkan Allah menjadikan buah kurma ini sebagai buah surga, hal ini bisa dilihat dari surat ar-Rahman (55) ayat 68:

“Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma, dan delima”

Ada pula ayat mengenai kurma ini berbicara dalam kaitannya dengan teknologi, adanya kultivar atau varietas dalam tanaman berdasarkan unsur yang terkandung dalam tanah dan diapresiasikan dalam bentuk rasa buah yang berbeda ataupun fermentasi bahan alami menjadi minuman beralkohol, yakni seperti dalam an-Nahl (16): 67 :

“Dan dari buah kurma dang anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti”

Bahkan Allah menjelaskan dalam surat al-An’am ayat 141 dan ar-Ra’d ayat 4 mengenai perbedaan  rasa pada pada buah karena perbedaan kandungan kimiawi didalamnya.

Zat atau molekul kimiawi ini dalam bahasa biokima dikenal dengan sebutan metabolit.

Dari sinilah kuantitas metabolit yang membedakan rasa tiap jenis buah, selain itu juga perbedaan kandungan kimia tanah yang berbeda juga mempengaruhi perbedaan kuantitas metabolit ini, walaupun pada jenis buah yang sama.

Sebagai makanan atau buah yang mudah dicerna dalam lambung, maka tidak heran jika sekitar 30 menit setelah makan kurma ini badan yang lelah akan memperoleh kekuatannya, pasokan gula dalam  darah akan naik dengan cepat, juga bisa dipakai sebagai sarana diet alami, karena rasa kenyang usai makan buah ini mencegah seseorang makan terlalu banyak. Juga membantu memulihkan kekuatan setelah seharian berpuasa.

Kurma juga baik untuk ibu-ibu yang menjelang dan sesudah melahirkan, hal ini juga diabadikan dalam surat Maryam (19) ayat 22-25, dimana Maryam, ibunda Isa banyak mengkonsumsi kurma menjelang dan setelah melahirkan Isa.

Baca: Hukum darah yang tidak keluar setelah operasi caesar.

Penelitian membuktikan jika kurma mengandung unsur yang memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan terakhir akan melahirkan hingga akan membantu saat ibu melalui proses kontraksi dan mencegah pendarahan hebat pasca melahirkan.

Anugerah Allah yang sangat banyak sangat terlihat pada pohon kurma. Karakternya yang kokoh, ketinggian yang sesuai bahkan terkesan menyolok di padang pasir, tahan melawan hempasan angin dan pasir gurun dan mempunyai kemampuan yang ekstrim untuk bertahan di suhu yang sangat menyengat atau sangat dingin.

Kurma termasuk tanaman yang berumur panjang, mempunyai jumlah buah yang sangat berlimpah dan tentu mempunyai banyak variasi bentuk, warna, rasa berikut ukuran.

Referensi :
M Fajar Shodiq M.Ag, Kapita Selekta Pertanian Dalam Prespektif Islam, IAIN Surakarta Press, 2016

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *