Doa Dalam Mengasuh Anak yang Susah Diatur

Doa untuk anak susah diatur

Bersabarlah; sesusah apapun, anak tetaplah penyejuk hati dan pandangan

 

Bila Anda diamanati seorang atau beberapa anak yang kurang bisa diatur, pastilah hal ini membuat sedih, bahkan mungkin stres berkepanjangan.

Tak bisa dipungkiri, perkara anak bisa menjadi duri dalam daging di kehidupan. Berhati-hatilah para orang tua dalam mendidik  anak.

Jangan anggap remeh pola didik anak, karena itu sangat berbahaya jika Anda salah dalam pola asuh, atau menyerahkan anak didik pada orang yang salah.

Islam mengajarkan mendidik anak seperti yang dicontohkan Rasulullah saw. Teladani pula Lukmanul Hakim dalam hal mendidik anak sehingga menjadi pribadi yang baik.

Jangan salahkan anak jika ia bermetamorfosa menjadi anak yang tidak shaleh, pembangkang, dan susah diatur.  Cobalah instropeksi diri penyebab kegagalan dalam mendidik anak. Tak ada yang tidak bisa diperbaiki, asalkan kita mau berupaya dan berniat memperbaiki pola didik anak.

Sebelum terlambat, lihat dahulu apa yang seharusnya dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak.

Sebenarnya apa janji Allah yang bisa membuat para orang tua semangat untuk melakukan hal terbaik dalam mendidik anak?

Tak main-main, karena Allah akan mempertemukan orang tua yang saleh tersebut dengan anak cucunya ke tempat yang lebih baik dan indah dari dunia, yakni surga.

“Dan orang-orang yang beriman beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami akan pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Tiap orang terikat terhadap apa yang dikerjakan.” (QS. Ath-Thuur: 21)

Jangan bersedih, orang tua saat mendapati anak-anak yang susah diatur. Dengan bimbingan yang baik dan doa yang tak terputus dari orangtua, semoga dapat membuat perilaku anak berubah menjadi santun. Dan Doa-doa yang bisa  dipanjat oleh orang tua saat anak susah diatur adalah:

1. Membaca surat Al Furqaan ayat 74

Sebaik-baiknya redaksi doa yang senantiasa diucapkan oleh orang tua dalam segala keadaan,  yakni terdapat dalam surah Al-Furqaan ayat 74, yakni berisi permintaan agar Allah memberikan pasangan hidup dan anak-anak yang lahir nantinya menjadi anak yang bisa menyejukkan hati orang tua dan siapa saja yang di dekatnya.

Kata ‘penyejuk’ itu sebenarnya memiliki makna jelas dan luas. Hal yang terpenting ialah anak dan pasangan yang saleh, menyenangkan hati, membuat bangga, dan tak lupa mendoakan orang tuanya.

Quran Surat Al Furqon 74

“Wahai Rabb kami, karuniakanlah pada kami pasangan dan keturunan yang menyejukkan pandangan mata. Serta jadikanlah kami imam bagi kaum bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)

2. Membaca surat Al Fajr sebanyak 7 kali sambil mengusapkan ke ubun-ubun kepala sang anak, saat anak tidur.

Jika melakukannya dengan teratur insyaAllah akan akan menjadi lebih mudah diatur dan bisa mendengarkan nasehat orang tua.

3. Membaca doa berikut ini:

ALLAAHUMMAJ’AL AULAADANAA AULAADAN SHOOLIHIINA HAAFI-ZhIINA LIL QUR’AANI WASSUNNATI FUQOHAA FIDDIINI MUBAROKAN KHAYAATUHUM FIDDUNYAA WAL AA’KHIROTI

Artinya :
Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.

4. Perbanyaklah bersedekah, insyaAllah akan diberi jalan keluar oleh Allah dalam menghadapi kesulitan mendidik anak.

Kasih sayang orang tua janganlah selalu lepas, komunikasi dengan anak janganlah berjarak, perbagus akhlak diri sendiri sebelum memperbagus akhlak anak, karena Anda menjadi contoh yang terkadang ditelan mentah-mentah segala perilaku orang tua oleh anak.

Mulai keteladanan dari rumah, proteksi anak dari segala segala ponografi, pornoaksi, dan kekerasan. Akidah dan tata krama harus dijunjung tinggi. Memang hal ini tak semudah membalikan tangan, namun bukan berarti tak mungkin. Dengan niat dan doa tulus, Insya Allah akan menjadi anak saleh.

 

referensi:
Candra Nila Murti Dewojati, 2014, Ayat-ayat Tolak Derita, GPU-Kalil, Jakarta

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *