6 Ciri Wanita Shalihah yang Didamba Rasulullah

6-ciri-wanita-shalihah-dambaan-nabi

 

Wanita Shalihah Adalah Mutiara 

Setiap wanita pastilah mendamba menjadi wanita pilihan Islam yang tersebut dalam Al Qur’an sebagai wanita shalihah. Tidak mudah memang untuk memenuhi kriteria itu, namun bukan tidak mungkin untuk menggapainya.

Bukankah wanita yang shalihah berupah surga?

Dalam sebuah rumah tangga naik turun hubungan dengan pasangan itu adalah hal yang biasa. Jangankan manusia seperti kita, Rasulullah sendiripun di suatu saat pernah mendapatkan cobaan permasalahan keluarga dengan istri-istrinya.

Beberapa pihak mensinyalir ketidak-ridhaan istri-istri beliau yang bersepakat mengenai ‘kenaikan gaji’ untuk mereka pada Rasulullah.
Saat itu Rasulullah gundah bukan kepalang.

Beliau tidak menyangka jika apa yang terjadi pada masyarakat umumnya akan terjadi pula pada kehidupan rumah tangga beliau.

Kesedihannya tidak tertahankan, karena yang diminta para istri beliau adalah masalah duniawi. Allah juga tidak ridha dengan perilaku yang ditujukan para istri beliau walau sebenarnya adalah masalah krusial.

Bukankah rumah tangga seorang Nabi adalah panutan bagai umat?

Dan itulah yang membedakan dengan rumah tangga kaum kebanyakan. Para istri sebaiknya lebih menahan diri, apalagi menyangkut kepentingan duniawi.

Wanita Shalihah Taati Suami

Ketaatan pada suami, memang harus didasarkan ketaatan pada Allah Ta’ala semata. Semua amalan akan menjadi sia-sia belaka jika seorang istri mulai tidak ikhlas untuk menjalani kewajiban dalam berumah tangga.

Permasalahan berat yang dialami oleh Rasulullah mengenai kehidupan rumah tangga beliau ini membuat beliau bersumpah tidak akan mencampuri mereka dalam sebulan.

Allah pun segera menurunkan ayat untuk memberikan arahan bagi para istri yang tidak mendukung suaminya dalam berdakwah:

“Jika sampai Nabi menceraikan kalian, mudah-mudahan Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik daripada kalian, muslimat, mukminat, qanitat, taibat, ‘abidat, saihat dari kalangan janda ataupun gadis.” (QS. At-Tahrim: 5)

6 Ciri Wanita Shalihah Dalam Al-Qur’an

Dalam ayat di atas Allah memberikan beberapa ciri wanita shalihah yang patut menjadi istri teladan untuk umat.

1. Muslimat
Yakni wanita-wanita yang ikhlas (kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala), tunduk kepada perintah Allah ta’ala dan perintah Rasul-Nya. Artinya, wanita-wanita ini adalah rajin beribadah, selalu lurus dalam kehidupannya karena mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya. Juga sabda Rasulullah serta perilaku dan tuntunan beliau.

2. Mukminat
Yakni wanita yang dapat dipercaya dan loyal dan beriman hanya kepada Allah semata dan mampu menciptakan suasana damai di sekelilingnya serta berbudi luhur.

3. Qanitat:
wanita-wanita yang taat, yakni taat pada Allah Ta’ala, Rasulullah juga suami. ketiganya harus bersinergi dengan baik. ketaatan kepada suami, tentu suami yang sholeh, yang bisa menjadi panutan untuknya.

4. Taibat
yakni  wanita-wanita yang selalu bertaubat dari dosa-dosa yang telah mereka lakukan, dan menginginkan selalu kembali kepada perintah (perkara yang ditetapkan) Rasulullah SAW, meski harus meninggalkan apa yang disenangi oleh hawa nafsu atau keinginan duniawi mereka.

5. ‘Abidat
wanita-wanita yang banyak melakukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala (dengan mentauhidkannya karena semua yang dimaksud dengan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam Al-Qur’an adalah tauhid, kata Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma).

6. Saihat
Yakni wanita-wanita yang berpuasa. (Lihat Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an, 18/126-127, Tafsir Ibnu Katsir, 8/132) atau wanita yang suka melakukan puasa baik wajib maupun sunah dengan segala keikhlasan yang ada dalam dirinya.

Demikian, 6 ciri wanita shalihah yang didamba oleh Rasulullah dan seluruh para suami sholeh yang ada di dunia ini, dan semoga kita bisa termasuk di dalamnya. Amiin. [candradewojati.com]

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *