Tips Menulis, Inilah Cara Menangkap Ide Tulisan

Tips Menulis, Inilah Cara Menangkap Ide Tulisan

Banyak pertanyaan teman terlontar saat ia mau mulai menulis. “Ingin nulis tapi idenya tidak ketemu-ketemu juga..”, keluh mereka.

Hmm.. mengapa bingung dengan ide menulis? Karena pada dasarnya ide menulis itu sangat banyak, bak buih dilautan jika Anda jeli.

Mari saya bantu untuk menangkap ide menulis itu dengan beberapa hal berikut ini:

1. Ide ada di sekeliling Anda.

Mengapa jauh-jauh cari ide menulis jika ada di seputar Anda? Lingkungan rumah, tentang anak, bisa membuat tulisan tentang parenting. Saat bincang dengan tetangga atau teman, bisa munculkan ide apa saja, seputar curhatan rumah tangga misalnya, bisa membuat ide nulis tentang pasutri dan lain sebagainya.

2. Ide ada di Perpustakaan atau Toko Buku.

Sering-seringlah datang pada dua tempat itu. Ratusan ribu judul buku akan terpampang di situ. Jangan hanya melihat saja, namun bawalah notes kecil yang akan memungkinkan Anda menuliskan banyak judul-judul buku yang menarik, up to date yang akhirnya akan menginspirasi Anda.

3. Jelajah Internet.

Saat banyak membuka blog atau portal, bahkan mencermati status-status atau kiriman teman di dunia maya, sebenarnya Anda diberi ide gratis. Jangan hanya dilihat, Anda harus mencatatnya, karena suatu hari kelak Anda harus mengeksekusinya menjadi tulisan bagus.

4. Sering berpergian ke keramaian.

Mengapa harus keluar rumah? Mengapa tidak. Anda akan menemukan sesuatu yang unik dan menarik saat mengamati sekitar yang hiruk pikuk. Semisal Anda melihat fenemona diskon disuatu Mall yang akhirnya sebenarnya itu “menipu”, karena hanya sekedar menarik pelanggan, maka hal itu juga bisa menjadi ide tulisan.

Atau saat Ramadhan lebih banyak orang sesaki Mall, atau keramaian daripada masjid atau majelis ta’lim, nah itu jadi sumber tulisan juga.

5. Sering diskusilah pada teman penulis.

Terkadang, teman penulis memiliki ide yang menyesakkan isi kepalanya. Mereka dengan senang hati akan membagi ide tulisannya pada temannya, untuk itulah sering berbincang dengan mereka, atau ikut dalam grup kepenulisan.

Beberapa hal mengenai ide ini moga dapat membantu para penulis pemula untuk segera menulis dan menghasilkan sesuatu luarbiasa yang bisa dibagi pada orang lain. Jangan terbentur dengan ide ya, karena seputaran Anda itu sebenarnya jutaan ide bersliweran, maka tangkaplah!

loading...
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *