Masih Bisakah Berbakti Kepada Orang Tua yang Telah Meninggal?

Berbakti Terhadap Orang Tua yang Meninggal

Berbuat baik kepada orang tua adalah hal yang wajib. Dan seringkali kita merasa menyesal saat orangtua akan diberangkatkan ke tanah kubur. Merasa belum cukup membahagiakan mereka, bahkan berbakti atau memberikan sesuatu yang membuat mereka senang sebelum mereka meninggal.

Jangan terlalu bersedih, jika kita masih punya niat baik, InsyaAllah, meskipun orangtua sudah wafat, kita masih bisa berbakti dan mendulang pahala dari orang tua. Rasulullah bersabda:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya).

Hubungan anak dan orang tua sampai pada cucu-cucu mereka adalam lingkaran keimanan, tidak pernah lekas oleh panas dan lapuk oleh hujan. Ikatan yang baik karena didasarkan oleh kecintaan pada Allah SWT semata akan mempunyai reward yang indah dari Illahi Rabb, ini tertuang dalam Al Qur’an:

“Orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka.” (QS. At-Thur: 21).

Lalu masih bisakah kita berbakti pada orangtua yang telah meninggal? Ternyata bisa! Rasulullah menyatakan hal ini saat kedatangan Bani Salamah yang menanyakan acara berbakti pada orangtua yang telah meninggal, dan beliau menjawab dengan hal ini:

“Ya, menshalatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturahmi yang terjalin karena sebab keberadaan mereka.” (HR. Ahmad 16059, Abu Daud 5142, Ibn Majah 3664, dishahihkan oleh al-Hakim 7260 dan disetujui adz-Dzahabi).

5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Atas hadis tersebut bisa diambil kesimpulan beberapa hal yang masih bisa kita lakukan untuk membahagiakan orangtua meskipun mereka telah wafat sekalipun dengan beberapa hal yang menimbulkan pahala juga bagi kita,yakni:

1. Menshalatkan Orang tua saat meninggal.

Jangan ragu untuk menshalatkan orangtua saat mereka meninggal, karena memang kewajiban anaklah sebenarnya yang melakukannya, bukan hanya oranglain semata.

2. Menyelipkan doa sehabis Shalat

Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil
Doa tulus anak yang bisa lantunkan sehabis shalat, merupakan cara berbakti terbaik untuk orangtua dan dihitung sebagai pahala yang besar.

3. Memenuhi wasiat atau janji orangtua.

Saat anak mengetahui keinginan orangtua sebelum mereka wafat, atau hal ini disampaikan oleh oranglain sebagai pengingat ahli warisnya, maka tunaikanlah, apalagi sudah merupakan wasiat, maka anak keturunan dianjurkan untuk memenuhi wasiat tersebut.

4. Bersilaturahmi dengan teman orangtua

Tetap menjalin silaturahmi pada teman-teman orangtua atau kerabat yang sering dikunjungi adalah cara terbaik untuk membahagiakan dan berbakti pada orangtua saat mereka sudah wafat. Selain membahagiakan teman-teman almarhum,  perbuatan silaturahmi ini tentu berpahala besar, jika kita mengetahuinya

5. Memuliakan teman-teman orangtua

Dengan cara memberi bingkisan atau hadiah, memberi kesempatan berusaha atau mencari rezeki atau menolong mereka saat kesusahan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan oleh anak untuk berbakti pada orangtua saat mereka sudah tiada.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berbakti pada orangtua, walau mereka sudah meninggal, semoga manfaat.

loading...
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *