Kegemukan? Ayo Atasi Obesitas Dengan Cara Islam

Cara Mencegah Obesitas Dalam Islam
Beberapa hari ini berita mengenai anak yang terkena obesitas menyita media massa. Ia harus ditangani lebih dari 20 dokter untuk mengatasi kelebihan berat badannya.

Sebenarnya, selain faktor genetika dan psikis, obesitas juga disebabkan karena pola hidup dan makan yang kurang tepat.

Islam mengajarkan cara hidup sehat, untuk tidak berlebih-lebihan mengutamakan kesenangan duniawi. Semuanya memiliki batasan tertentu, dan lebih baik sederhana (tawassuth), dari pada melakukan sesuatu yang melampaui batas.

“Sebaik-baik urusan adalah yang pertengahan.” (H.R. Bukhari).

Bukan berarti Islam melarang umat menikmati segala fasilitas yang ada dunia maupun kesenangan, namun semuanya ada dalam batasan tertentu, dan hal pertengahan-lah yang paling baik.

Juga mengenai obesitas, ada beberapa langkah dalam Islam untuk mengatasi hal tersebut:

1. Jaga pola makan, janganlah berlebih-lebihan.

Selain menyebabkan kegemukan, makan yang tidak pada tempatnya, sembarangan, jumlah yang over akan membuat masalah kesehatan seperti kolesterol, diabetes, jantung, asam lambung, sampai dengan kanker atau tumor.

Islam menyarankan umat Islam perhatikan pola makan, karena jika berlebihan laksana orang kafir. Rasulullah mengajarkan jika kita mengisi tubuh kita bukan hanya dengan makan saja, namun juga minum dan udara untuk bernafas.

Hal ini tercantum dalam surat Muhammad ayat 12:
Artinya: “…Dan orang-orang kafir mereka selalu bersenang-senang dan mereka makan seperti makannya binatang ternak dan neraka adalah tempat tinggal mereka.”

2. Jauhi minuman keras.

Menurut World Cancer Research Fund, dalam alkohol terdapat asupan kalori hampir 10 %, dan meminum segelas wine setara dengan 178 kalori, hal ini seperti mengunyah dua batang biskuit coklat, hingga menurut para ahli diperlukan 30 menit untuk dibakar dengan berjalan cepat.

Islam melarang sejak awal tentang alkohol ini karena bahayanya luarbiasa, dan ternyata juga menyebabkan obesitas.

Surat Al Maidah ayat 90 menyebutkan:

“Setiap minuman yang memabukkan adalah khamer dan yang setiap memabukkan adalah haram. Barang siapa yang kecanduan minuman keras dan mati kemudian tidak bertaubat maka nanti ia tidak akan meminumnya di akhirat”

3. Olahraga teratur.

Selain untuk menjaga kesehatan dan tubuh menjadi bugar, tentu olahraga ini akan membuat umat tidak terperangkap menjadi obesitas, karena banyak gerak dan tidak malas, hingga menjadi pribadi kuat secara fisik dan mental.

Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih Allah cintai daripada mukmin yang lemah. Dan pada masing-masingnya terdapat kebaikan. Bersemangatlah terhadap perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah, dan janganlah engkau bersikap lemah.” (HR. Muslim).

4. Perbanyak Shalat.

sesungguhnya bukan hanya ibadah yang berisi doa saja saat umat Islam mengerjakan shalat, namun mengajarkan umatnya untuk bergerak.

Keajaiban gerakan shalat, sudah dibahas oleh banyak pakar, karena nyatanya memang bisa menyehatkan, tentu jika dilakukan dengan teratur dan dengan gerakan benar, akan menurunkan berat badan.

Apalagi perbanyak shalat sunah dan shalat malam di samping shalat wajib.

Menjadi sehat dan bugar dengan tubuh yang ideal bukan keniscayaan, upayakan dengan benar dan niatkan semuanya untuk ibadah dan kehidupan lebih baik, InsyaAllah akan diijabahiNya.

 

loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *